ShoutMix chat widget

Rabu, 28 September 2011

GREEN SCHOOL ARTIKEL

GREEN SCHOOL
SMA N 2 KEBUMEN merupakan salah satu SMA negeri yang ada di Kabupaten Kebumen. Sekolah yang beralamat di Jalan Cincin Kota No. 8 Kebumen ini, berdiri pada tanggal 1 Oktober 2011 setelah melalui proses yang cukup lama. Walaupun terbilang masih sangat muda dibandingkan SMA yang lain, tapi SMA N 2 KEBUMEN mampu bersaing dengan SMA-SMA lain yang lebih dahulu berdiri. SMA N 2 KEBUMEN memiliki akreditasi A, bahkan mendapat julukan sebagai SEKOLAH ADIWIYATA dan GREEN SCHOOL. Sekolah adiwiyata itu merupakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, sedangkan green shool itu apa ??????
Nah, ini yang akan menjadi pokok pembahasan dalam artikel ini.
Green School dilihat dari artinya, green dalam bahasa Inggris artinya hijau, sedangkan school artinya sekolah. Jadi, green school sama dengan sekolah yang hijau. Dalam arti luas, green school merupakan sekolah yang peduli terhadap lingkungan, dan memiliki tatanan sekolah yang dikelilingi oleh pepohonan, sehingga membuat lingkungan sekolah menjadi hijau, sejuk, dan rindang. Dengan demikian, siswa akan merasa nyaman dalam proses belajar mengajar di sekolah.
Dengan adanya predikat Green School, diharapkan dapat menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada diri setiap siswa melalui proses pembelajaran dan pembiasaan yang mengarah pada pembentukan perilaku siswa peduli lingkungan. Tidak hanya itu, seluruh warga SMA N 2 KEBUMEN sebagai sekolah “Green School” juga diharapkan ikut menjaga agar lingkungan tetap asri.
Tidak hanya itu, kami juga berharap agar predikat Green School yang dimiliki SMA N 2 KEBUMEN tidak hanya menjadi embel-embel semata, tapi merupakan fakta dan pencerminan dari sekolah.
Harapan kami, lingkungan sekolah bersih dari sampah yang berserakan. Dengan menanamkan sikap disiplin untuk membuang sampah pada tempatnya, sesuai dengan jenisnya (plastic, logam, organik) dengan tujuan untuk mempermudah proses daur ulang.
Kami juga berharap, agar sekolah mengurangi ataupun tidak melakukan penebangan pohon di lingkungan sekolah. Tapi sebaliknya, sekolah seharusnya memperbanyak pohon-pohon di lingkungan sekolah agar tetap sejuk dan rindang, sehingga tidak terlihat gersang. Karena semakin banyak pohon, maka akan semakin banyak pula produksi oksigen dalam lingkungan sekolah, sehingga udara tetap segar walaupun di siang hari. Dengan tidak menebang pohon, kita ikut membantu menyelamatkan bumi dari pemanasan global.
Dengan demikian, SMA N 2 KEBUMEN dapat tetap menjadi sekolah “Green School”. 

Kritik dari kami untuk Smanda, SMANDA sebagai sekolah adi wiata seharusnya tetap menjaga kehijauan sekolah kita. Kenapa? Karna Smanda pernah mempunyai HUTAN LINDUNG yang sekarang di tebang habis untuk membuat Gedung Serba Guna. Memang hal tsb bernilai plus, karena bias menunjang prestasi Olah raga di SMANDA. Tetapi dampaknya negative pun ada, bila pohon ditebang maka Kesejukan di Smanda pun menurun, daerah resapan air berkurang, dsb. So, seperti lagunya d’badindas “ SMANDA INI TAK SE-HIJAU SMANDA KEMARIN !!!!”
Saran dari kami untuk Smansa, SMANDA seharusnya melakukan reboisasi agar SMANDA kembali hiaju seperti sedia kala. SMANda sebaiknya jangan hanya menanam bunga saja, tetapi juga harus menanam pohon-pohon besar, karena selain membuat sejuk & hijau juga kita dapat duduk-duduk di bawah pohon tsb. Kalu bias SMANDA juga menanam pohon yang berbuah enak.

KEEP GREEN SHOOL TO SMANDA !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar